LYCOPENE Membuat Anda Sehat

antioxidant lycopene

antioxidant lycopene

Hidup sehat adalah impian semua orang. Nutrisi dan kebiasaan makan memainkan peranan penting bagi kesehatan dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Suatu simposium di Toronto yang dilaksanakan pada awal maret 2000 mendiskusikan secara khusus peranan nutrisi dalam mencegah kanker. Pada simposium tersebut diambil contoh sederhana, yaitu kebiasaan minum 2 gelas jus tomat setiap hari akan membantu mencegah kanker prostat.

Buah tomat mengandung Lycopene yang merupakan pigmen merah yang secara alami memberikan warna merah pada buah tomat. Secara kimia, Lycopene adalah carotenoid dengan struktur unik yang lebih panjang dari carotenoid lain. Strukturnya yang unik memampukan lycopene melindungi tubuh dari efek perusakan radikal bebas, yang berarti melindungi kita dari berbagai penyakit degeneratif.

Di dalam tubuh lycopene antara lain disimpan dalam hati, paru-paru, usus besar dan kulit. Tomat merupakan sumber utama lycopene. Buah-buahan dan sayur lainnya hanya mengandung sedikit lycopene, kecuali semangka, jambu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dibuat dari tomat yang diproses seperti saus tomat, sup dan jus tomat berperan dalam mengurangi resiko kanker terutama kanker prostat.

Hasil survey Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health yang dipublikasikan oleh Jurnal National Cancer Institute menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dan produk olahannya akan membantu mengurangi resiko kanker karena Tomat mengandung Lycopene, antioksidan dalam jumlah. Penelitian tersebut dilakukan selama 6 tahun terhadap 47.000 laki-laki usia 40-75 tahun. Hasilnya adalah bila konsumsi produk olahan tomat meningkat, jumlah lycopene dalam darah meningkat pula, dan resiko kanker prostat menurun.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr Omer Kucuk dari Karmanos Cancer Institute, Detroit, juga menunjukkan bahwa konsumsi lycopene yang tinggi membantu mengurangi kanker prostat, suatu jenis kanker yang banyak ditemukan pada orang Amerika Utara. Ada 30 orang penderita kanker prostat yang dilibatkan pada penelitian tersebut, sebagian pasien mendapat 15 mg lycopene 2x sehari. Setelah terapi lycopene selama 3 minggu, hasil observasi menunjukkan bahwa tumor pada penderita yang mengkonsumsi lycopene mengecil dibandingjan penderita yang tidak mengkonsumsi lycopene. Artinya, lycopene bukan hanya untuk mencegah, tetapi sangat membantu pengobatan penyakit kanker, terutama kanker prostat..

Untuk melawan radikal bebas dan menyehatkan tubuh, salah satu solusinya adalah memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung lycopene tinggi, yaitu tomat, semangka, dan jambu.

Semoga bermanfaat :)

Article You May Be Interested In Reading: Kelebihan Asam Urat Darah, Penyebab Reumatik Gout

Bookmark and Share



Flu Burung LASIK Mata Indah Tanpa Kacamata

Leave a Reply